Bhabinkamtibmas Polsek Mattirosompe Polres Pinrang Ajak Warga Lestarikan Ayam Ketawa, Ini Tujuaannya!!!

Pinrang – Bhabinkamtibmas Desa Mattiro Tasi Polsek Mattiro Sompe Polres Pinrang, Brigpol Irwan Hamid mengajak warga binaannya melestarikan ayam ketawa sebagai budaya guna menekan perjudian sabung ayam. Senin (16/3/2020)

Ayam ketawa atau dalam bahasa bugis di sebut Manu Gaga apabila dilihat dari fisik dan bentuk tubuhnya memang Ayam Ketawa hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Namun letak keunikan Ayam Ketawa terdapat pada bagian suara kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa atau gagap dan sebagai ayam hias yang dapat ditempatkan dihalaman rumah atau dapat juga dikandangkan dengan desain kandang yang harus terlihat rapi dan elegan.

Ayam Ketawa ini mempunyai nilai jual yang tinggi Apalagi yang sering menjuarai kontes yang di selenggarakan oleh Persatuan Penggemar dan Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia yang di ketuai oleh Bapak H. Rusli Parakkasi.

Bhabinkamtibmas Desa Mattiro Tasi Brigpol Irwan Hamid juga pernah menjadi panitia  penyelenggaraan Kontes Ayam Ketawa Nasional Kapolres Pinrang Cup bersama Anggota P3AKSI Kabupaten Pinrang bekerja sama Polres Pinrang dengan tema Melestarikan Ayam Ketawa Sebagai Budaya Guna Menekan Perjudian Sabung Ayam.

“Saya mengajak warga memelihara ayam ketawa selain untuk menekan perjudian sabung ayam juga dapat menjadi penambah penghasilan mengingat ayam ketawa ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi ” Ungkap Pak Iwan sapaan akrab bapak ini.

Ditemui terpisah Kapolsek Mattiro Sompe Polres Pinrang AKP Susandy Said SE sangat mengapresiasi kinerja Bhabinkamtibmasnya ini, “Kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas ini sangat membantu dalam menekan perjudian khususnya sabung ayam”.

Tinggalkan Balasan